Beranda » Tentang Ar-risalah

Tentang Ar-risalah

A. Sejarah ringkas Berdirinya Yayasan Wakaf Ar-Risalah

Sejak keberangkatan sekelompok pelajar dari Sumatera Barat pada tahun 1990-an ke Jakarta untuk menuntut ilmu di LIPIA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab), sudah mulai muncul gagasan bahwa suatu saat nanti penting didirikan sebuah lembaga pendidikan agama berkualitas tinggi di Ranah Minang. Hal ini disebabkan sekelompok pelajar tadi melihat langsung di lembaga mereka belajar di Jakarta perkembangan dunia pendidikan agama Islam yang sudah semakin maju jauh meninggalkan lembaga-lembaga pendidikan serupa di Sumatera Barat. Padahal Sumatera Barat adalah pusat pendidikan agama Islam di Indonesia tempo dulu.

Ide atau gagasan besar ini tetap saja masih tertanam dalam hati para pelajar tadi bahkan berlanjut menjadi berupa kegiatan-kegiatan dakwah dan pendidikan berkala saat para pelajar pulang liburan ke Sumatera Barat. Dan bahkan saat sebahagian pelajar tadi melanjutkan pendidikan ke Timur Tengah komunikasi seputar gagasan besar tadi masih tetap berlanjut.

Akhirnya setelah belasan tahun hanya dalam bentuk gagasan, para pelajar tadi yang sudah memiliki pengalaman beragam sepakat mendirikan sebuah yayasan Islam dengan konsep pengembangan berbasis wakaf ummat islam. Dan karena memang bidang pendidikan adalah bidang pengabdian sangat strategis bagi masa depan ummat, disepakatilah untuk memulai kegiatan Yayasan pada bidang ini.

Maka pada hari Selasa tanggal 24 Juni 2003 di Solok Sumatera Barat berdirilah sebuah yayasan dengan nama Yayasan Waqaf AR RISALAH terdaftar secara resmi pada pegawai notaris Helmi Darlis No 28 tanggal 24/6/2003. Dan Program pertama adalah mendirikan PERGURUAN ISLAM ARRISALAH

B. Fasilitas

  1. Asrama
  2. Masjid Putra dan Mushalla Putri
  3. Gedung Belajar
  4. Laboratorium Sains
  5. Laboratorium Komputer
  6. Laboratorium Bahasa
  7. Minimarket dan Kantin
  8. Katering
  9. Klinik Kesehatan
  10. Gedung Olahraga dan Lapangan Olahraga

C. Program Penunjang

  • Kepanduan dan Pramuka
  • Life Skill (menjahit, tataboga, elektronika)
  • Outbond
  • Halaqah Tarbiyah
  • Study Club Sains dan Al-Qur’an
  • Apresiasi Seni Islam (Nasyid, Kaligrafi, Teater)
  • Ekstrakulikuler (Basket, Beladiri, Badminton, Jurnalistik, Photoshop)

D. Alamat:

Perguruan Islam Ar Risalah, RT.01 RW 09, Air Dingin, Kel. Balai Gadang, Kec. Koto Tangah, Padang, Telp. (0751) 7877114

Rute Perjalanan:

  • Dari seluruh daerah ke kota Padang, naik angkot putih jurusan Tabing. Turun di Simpang Tabing. Naik angkot kuning jur Balai Gadang. Turun di simpang setelah jembatan Lori, Lb.Minturun.
  • Naik ojek ke Kampus Perguruan Islam Ar Risalah

Email: perguruanislam_arrisalah@yahoo.com


29 Komentar

  1. noer mengatakan:

    wah… yang ini belum di-update kayaknya….
    sekarang tuh Ar-Risalah udah banyak dapat prestasi lebih….
    ranking 1,2,4,6 Olimpiade Fisika 2010
    ranking 3 Olimpiade Kimia 2010
    juara 1 siswi berprestasi Padang
    dll…..

    pokoknya udah kereeeeeennnnnnnnnnnn banget….

  2. ryojailany mengatakan:

    asslamualaikum stad…

    tentang alumni kenapa gak ditampilkan????
    sekarang ana lagi nyoba buat website….
    untuk ar-risalah…

    wassalam….

  3. Israr abdi mengatakan:

    Mangkanya buruan……..
    Tunggu apalagi…….
    Jangan pake pikir……
    Soalnya w dlunye kan skull dsni jga

  4. mutiara(lu'lu'ah) mengatakan:

    ar-risalah aq bangga pernah school di sana . .remember me always okey . . .!!!!!

  5. umj mengatakan:

    syukran infonya, syarat pendaftaran untuk Tgkt SLTA nya apa aja ya?

  6. mhmd icsn mengatakan:

    arrisalah tu sekolah yang paliiiiing bagus.
    tiada duanya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. Giant mengatakan:

    semoga Ar-Risalah bisa menjadi yang terbaik, sebaik Nurul Fikri atau lebih
    !

  8. dgranadz mengatakan:

    masukin juga foto gor nya biar lebih interesting_kan….

  9. roel fabullah mengatakan:

    keren keren,arrisalah makin keren
    alhamdulillah yah…

  10. uly mengatakan:

    saya dengar ini yayasan islam yang bagus…tapi kira-kira blh tidak saya mencalonkan diri sebagai tenaga pendidik disana..apa apa saja syaratnya?syukron atas informasinya…

  11. dr. Saptino Miro, SpPD mengatakan:

    Tolong kateringnya lebih diperhatikan dan diawasi SETIAP HARI, apakah sudah memenuhi standar gizi, mengingat anak2 disana masih dalam masa pertumbuhan….trims, wassalam

    • perguruanarrisalah mengatakan:

      terima kasih atas masukannya pak. insya Allah kami selalu memperbaiki kualitas menu kami. jika ada saran terkait kualitas dan penyajian menu, bisa bapak hubungi bagian katering, ust Roni Dasril

  12. imam hakim mengatakan:

    Assalamualaikum…w..w

    Membaca Profilnya semoga benar-benar baguslah perguruan ini.
    jika berkenan tolong kirimkan persyaratan untuk PSB tingkat SLTA,
    Saya berencana mengenalkan kepada Putra saya…walaupun saat ini sudah bersekolah juga di Pondok Pesantren juga….

    wassalam

    Imam Hakim

    • perguruanarrisalah mengatakan:

      Secara umum hampir sama dengan SMP. Untuk pendaftaran akan kami umumkan tanggal 11 Maret. Karena kami sedang menunggu PSB Internal. Untuk sementara yang terbuka peluang pendaftaran eksternal Ar Risalah baru untuk calon siswi. Bapak bisa minta informasi langsung ke Ust. Mulyadi Muslim, Kepala MA, 081267339401

  13. Andrizal mengatakan:

    Aslmkum uztd, Apakah bisa mendaftar masuk SMP Arrisalah dari jarak jauh? (Kami di Jambi) Bagaimana caranya Dan kami bermaksud pada waktu seleksi saja datang ke Arrisalah, Bagaimana caranya?

    • perguruanarrisalah mengatakan:

      Wa’alaykumussalam. Bapak bisa mendownload formulir dan berkas kuesioner orangtua, isi dan kirimkan beserta berkas/dokumen yang diperlukan, beserta bukti transfer. ada baiknya setelah mentransfer, segera mengkonfirmasi ke panitia. Bapak dapat melihat brosur yang ada pada web ini.

  14. Heru mengatakan:

    Assm…ustad klu untk smp nya apa saja syarat pndaftaran nya maklum kami jauh di ma,bungo jambi..

  15. Harist mengatakan:

    good luck dech for ar-risalah, atamanna laha bit tufiqi wan najaahi…. smoga bisa meraih impiannya dan melakukan perubahan ….

  16. Anggun Wijaya mengatakan:

    semoga ar risalah menjadi pondok terbaik di sumbar disusul al munawwarah sekolah my brother, amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin

  17. Latisya mengatakan:

    Ass. Brosur untuk SMPnya sudah ada Ustad ?? Bisa saya lihat ??
    Maaf, soalnya jauh. Saya di Batam.

  18. Teito mengatakan:

    hmmmm……smoga lebih baik lagi di tahun mendatang….
    Aamiin….

    “Man jadda wajadda…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: